1. Profil Lulusan
No | Profil Lulusan (PL) | Deskripsi Profil Lulusan |
PL1 | Calon pendidik/ guru matematika | Pendidik/fasilitator pembelajaran matematika yang professional dan beretika, menguasai materi matematika, terampil dalam teknologi informasi, dan didukung dengan kemampuan Bahasa Inggris yang baik. |
PL2 | Asisten peneliti pendidikan matematika | Peneliti pemula yang melakukan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan pendidikan matematika atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum pendidikan matematika |
PL3 | Edupreneur/wirausaha bidang pendidikan | Wirausahawan mandiri atau bekerjasama dengan orang lain untuk menghasilkan barang/jasa yang berhubungan dengan pendidikan matematika seperti, bahan ajar atau media pembelajaran |
2. Capaian Pembelajaran.
No | Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | |
Sikap | ||
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; | |
S2
|
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; | |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; | |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; | |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; | |
S6
|
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; | |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; | |
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; | |
S9 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan | |
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. | |
Ketrampilan Umum | ||
KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; | |
KU2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; | |
KU3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni; | |
KU4 | Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; | |
KU5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; | |
KU6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; | |
KU7 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; | |
KU8
|
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan | |
KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. | |
Ketrampilan Khusus | ||
KK1
|
Mampu merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika secara inovatif dengan mengaplikasikan konsep pedagogic-didaktik matematika serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan penggunaan teknologi informasi. | |
KK2 | Mampu mengkaji dan menerapkan berbagai metode pembelajaran matematika yang telah tersedia secara inovatif. | |
KK3 | Mampu melakukan pendampinagn dan pembimbingan serta dapat menjadi teladan bagi peserta didik dalam pembelajaran matematika | |
KK4 | Mampu merancang dan melaksanakan penelitian dan menghasilkan pemikiran yang ilmiah dan inovatif sebagai alternative solusi permasalahan pendidikan matematika serta mempublikasikan hasilnya. | |
KK5 | Mampu beradaptasi dengan perkembangan bidang pendidikan matematika dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. | |
KK6 | Mampu menyelenggarakan pembelajaran matematika dalam Bahasa Inggris. | |
KK7 | Mampu menghasilkan barang/jasa bidang pendidikan matematika baik secara mandiri maupun bekerja sama dengan pihak lain | |
Pengetahuan | ||
PP1 | Menguasai konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan dasar dan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup. | |
PP2
|
Menguasai konsep teoretis matematika meliputi logika matematika, matematika diskrit, aljabar, analisis, geometri, teori peluang dan statistika, prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear, persamaan diferensial, dan metode numerik yang mendukung pembelajaran matematika di pendidikan dasar dan menengah serta untuk studi lanjut. | |
PP3 | Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran matematika. | |
PP4 | Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pembelajaran matematika. | |
PP5 | Menguasai metodologi penelitian matematika untuk melaksanakan penelitian pendidikan matematika. |
3. Daftar Mata Kuliah
SEMESTER I |
||||
No | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | SKS | RPS |
1 | PM1102 | Kalkulus Diferensial | 4 | Download |
2 | PM2101 | Ilmu Pendidikan | 2 | Download |
3 | PM3101 | Aplikasi Komputer | 2 | Download |
4 | MK1101 | Pendidikan Agama | 3 | Download |
5 | MK1103 | Pendidikan Pancasila | 3 | Download |
6 | PM1101 | Matematika Dasar | 3 | Download |
7 | PM1203 | Geometri Bidang | 2 | Download |
8 | PM2201 | Psikologi Pendidikan Matematika | 2 | Download |
Jumlah Beban Studi Semester I | 21 |
SEMESTER II |
||||
No | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | SKS | RPS |
1 | PM1201 | Kalkulus Integral | 4 | Download |
2 | PM2202 | Strategi Pembelajaran Matematika | 3 | Download |
3 | PM1205 | Aljabar Linier Elementer | 3 | Download |
4 | PM1302 | Geometri Ruang | 2 | Download |
5 | PM3201 | Bahasa Pemrograman | 2 | Download |
6 | MK1202 | Bahasa Indonesia | 3 | Download |
7 | MK1204 | Pendidikan Kewarganegaraan | 3 | Download |
8 | MK2205 | Manajemen Bencana Dan Lingkungan | 2 | Download |
9 | MK2207 | Pendidikan Anti Korupsi | 2 | Download |
Jumlah Beban Studi Semester II | 24 |
SEMESTER III | ||||
No | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | SKS | RPS |
1 | PM1202 | Statistik | 3 | Download |
2 | PM1224 | Bahasa Inggris | 2 | Download |
3 | PM3301 | Multimedia Pembelajaran Matematika | 2 | Download |
4 | PM1301 | Kalkulus Peubah Banyak | 3 | Download |
5 | PM1303 | Matematika Sekolah 1 | 3 | Download |
6 | PM1304 | Matematika Diskrit | 3 | Download |
7 | PM1204 | Teori Bilangan | 2 | Download |
8 | PM1305 | Teori Peluang | 3 | Download |
9 | MK2306 | Kewirausahaan Dan Koperasi | 2 | Download |
Jumlah Beban Studi Semester III | 23 |
SEMESTER IV | ||||
No | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | SKS | RPS |
1 | PM1401 | Geometri Analitik | 3 | Download |
2 | PM1402 | Statistika Lanjut | 3 | Download |
3 | PM1403 | Analisis Kompleks | 3 | Download |
4 | PM1404 | Program Linier | 3 | Download |
5 | PM1405 | Matematika Sekolah 2 | 3 | Download |
6 | PM1425 | Manajemen Edupreneur | 3 | Download |
7 | PM2401 | Evaluasi Pembelajaran Matematika | 3 | Download |
8 | PM3401 | Media Pembelajaran Matematika | 3 | Download |
Jumlah Beban Studi Semester IV | 24 |
SEMESTER V | ||||
No | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | SKS | RPS |
1 | PM1502 | Persamaan Diferensial | 3 | Download |
2 | PM1502 | Aljabar Abstrak | 3 | Download |
3 | PM1503 | Etnomatematika | 3 | Download |
4 | PM2501 | Perencanaan Pembelajaran Matematika | 3 | Download |
5 | PM2502 | Sosiologi Dan Antropologi Pendidikan | 2 | Download |
6 | PM2503 | Telaah Kurikulum | 2 | Download |
7 | PM4511 | Kajian Matematika Sekolah Dasar | 3 | Download |
8 | PM4521 | Matematika Statistik | 3 | Download |
9 | PM4531 | Manajemen Dan Kepemimpinan | 3 | Download |
10 | PM4512 | E-learning | 3 | Download |
11 | PM4522 | Teori Graf | 3 | Download |
12 | PM4533 | Matematika Ekonomi Dan Bisnis | 3 | Download |
Jumlah Beban Studi Semester V | 34 |
SEMESTER VI | ||||
No | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | SKS | RPS |
1 | PM1601 | Metode Numerik | 3 | Download |
2 | PM1602 | Permodelan Matematika | 3 | Download |
3 | PM1603 | Analisis Real | 3 | Download |
4 | PM3601 | Pembelajaran Mikro | 2 | Download |
5 | PM3602 | Metodologi Penelitian Pendidikan | 3 | Download |
6 | PM3604 | Seminar Pendidikan Matematika | 2 | Download |
7 | MK2608 | Kuliah Kerja Nyata | 2 | Download |
8 | PM4613 | Matematika Kontekstual | 3 | Download |
9 | PM4623 | Teori Fuzzy | 3 | Download |
10 | PM4614 | Analisis Vektor | 3 | Download |
11 | PM4624 | Penelitian Kualitatif | 3 | Download |
12 | PM4634 | Praktik Usaha | 3 | Download |
Jumlah Beban Studi Semester VI | 33 |
SEMESTER VII | ||||
No | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | SKS | RPS |
1 | PM3603 | Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris | 2 | Download |
2 | PM3701 | Praktik Mengajar | 2 | Download |
3 | PM3702 | Penulisan dan Seminar Proposal | 2 | Download |
Jumlah Beban Studi Semester VII | 6 |
SEMESTER VIII | ||||
No | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | SKS | RPS |
1 | PM3801 | Skripsi | 6 | Download |
Jumlah Beban Studi Semester VIII | 6 |
4. Mata Kuliah Prasyarat
Mata Kuliah Prasyarat dapat diunduh disini
5. Dokumen Kurikulum
Dokumen Kurikulum Program Studi Pendidikan Matematika Dapat Dilihat Disini