Kurikulum Magister Teknologi Pendidikan:
1. Profil Lulusan:
NO | PROFIL LULUSAN | PROFESI LULUSAN |
1 | Tenaga pengajar |
|
2 | Peneliti Pembelajaran |
|
3 | Pengelola Pusat Sumber Belajar
|
|
4 | Pengembang Pembelajaran |
|
2. CapaianPembelajaranProgramStudi
ASPEK | CAPAIAN PEMBELAJARAN MINIMUM | |
Sikap & Tata Nilai | Sesuai dengan Diskriptor KKNI (SNPT:p-8;a-1) | |
ST1 | bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; | |
ST2 | menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan ajaran agama, moral, dan etika; | |
ST3 | berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; | |
ST4 | mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila; | |
ST5 | mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; | |
ST6 | menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; | |
ST7 | taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; | |
ST8 | menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; | |
ST9 | mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; | |
ST10 | mampu menginternalisasi semangat kemandirian dan kejuangan; | |
ST11 | mampu menginternalisasi semangat kewirausahaan. |
Capaian Pembelajaran Program studi Magister Teknologi Pendidikan Universitas DR. Soetomo Surabaya (Unitomo) dalam aspek pengetahuan, Keterampilan kerja, aspek Kewenangan dan Tanggung jawab, sebagaimana tabel di bawah
PROFIL | CAPAIAN PEMBELAJARAN | DESKRIPSI |
Pendidik Profesional | Pengetahuan | PP1.Mampu mengembangkan pengetahuan ,teknologi, dan/atau seni didalam bidang Teknologi Pendidikan atau praktek profesionalnya melalui riset sebagai tenaga pendidik, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
PP2.mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidangTeknologi Pendidikan melalui pendekatan inter atau multidisipliner PP3.mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan ilmu Teknologi Pendidikan, sertamampu mendapat pengakuan nasional dan internasional |
Keterampilan Umum | KM1 mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahlian teknologi Pendidikan, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah,tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan memublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasi tingkat nasional dan mendapatkan pengakuan internasional berbentuk presentasi ilmiah atau yang setara
KM2mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuaibidang keahlian teknologi Pendidikan dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya; KM3mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; KM4mampu mengidentifikasibidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melaluipendekatan interdisiplin atau multidisiplin; KM5mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data; KM6 mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas; KM7mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; KM8mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; |
|
Keterampilan Khusus | KP1.1mampu melaksanakan penelitian pendidikan ilmiah untuk mengembangkan pemikiran dalam menciptakan desain atau karya seni di bidang pengetahuan dan teknologi pembelajaran antara lain meliputi strategi, sumber, media, model, evaluasi dan kurikulum dengan memperhatikan nilai humaniora sesuai bidang teknologi Pendidikan.
KP1.2menyusun konsep pembelajaran ilmiah hasil kajian berdasar kaidah ilmiah dalam bentuk Tesis. KP1.3mempublikasikan hasil kajian ilmiah dalam jurnal Ilmiah yang terakreditasi Nasional maupun Internasional. KP2.mampu melakukan kajian akademik sesuai bidang teknologi Pendidikan dalam menyelesaikan masalah di dunia pendidikan dan masyarakat. KP3.1mampu Membuat karya ilmiah/desainpembelajaran dari hasil pemikiran dan argumen saintifik yang dapat dipertanggung jawabkan. KP3.2mampu mengkomunikasikan karya ilmiah/desain pembelajaran dari hasil pemikiran dan argumen saintifik kepada masyarakat melalui media. KP4.mampu mengidentifikasi dan memetakan obyek penelitian Pendidikan untuk dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin maupun multidisiplin KP5mampu mengambil keputusan dalam menyelesaikan masalah pendidikan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data; KP6mampu menjalin dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembagapendidikan dan komunitas penelitian yang lebih luas; KP7mampu meningkatkan kemampuan pembelajaran secara mandiri KP8mampu mendokumentasikan, dan menemukan kembali data hasil penelitian Pendidikan dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
|
Peneliti | Pengetahuan | PP1.mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni didalam bidang Teknologi Pendidikan atau praktek profesionalnya melalui riset sebagai tenaga peneliti, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
PP2.mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang Teknologi Pendidikan melalui pendekatan inter atau multidisipliner PP3.mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan ilmu Teknologi Pendidikan, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional) |
Keterampilan Umum | KM1 mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahlian teknologi Pendidikan, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah,tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan memublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasi tingkat nasional dan mendapatkan pengakuan internasional berbentuk presentasi ilmiah atau yang setara
KM2mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuaibidang keahlian teknologi Pendidikan dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya; KM3mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; KM4mampu mengidentifikasibidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melaluipendekatan interdisiplin atau multidisiplin; KM5mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data; KM6 mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas; KM7mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; KM8mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; |
|
Keterampilan Khusus | KP1.1mampu melaksanakan penelitian pendidikan ilmiah untuk mengembangkan pemikiran dalam menciptakan desain atau karya seni di bidang pengetahuan dan teknologi pembelajaran antara lain meliputi strategi, sumber, media, model, evaluasi dan kurikulum dengan memperhatikan nilai humaniora sesuai bidang teknologi Pendidikan.
KP1.2menyusun konsep pembelajaran ilmiah hasil kajian berdasar kaidah ilmiah dalam bentuk Tesis. KP1.3mempublikasikan hasil kajian ilmiah dalam jurnal Ilmiah yang terakreditasi Nasional maupun Internasional. KP2.mampu melakukan kajian akademik sesuai bidang teknologi Pendidikan dalam menyelesaikan masalah di dunia pendidikan dan masyarakat. KP3.1mampu Membuat karya ilmiah/desainpembelajaran dari hasil pemikiran dan argumen saintifik yang dapat dipertanggung jawabkan. KP3.2mampu mengkomunikasikan karya ilmiah/desain pembelajaran dari hasil pemikiran dan argumen saintifik kepada masyarakat melalui media. KP4.mampu mengidentifikasi dan memetakan obyek penelitian Pendidikan untuk dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin maupun multidisiplin KP5mampu mengambil keputusan dalam menyelesaikan masalah pendidikan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data; KP6mampu menjalin dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembagapendidikan dan komunitas penelitian yang lebih luas; KP7mampu meningkatkan kemampuan pembelajaran secara mandiri KP8mampu mendokumentasikan, dan menemukan kembali data hasil penelitian Pendidikan dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
|
Pengembang Pembelajaran | Pengetahuan | PP1.mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi,dan/atau seni didalam bidang Teknologi Pendidikan atau praktek profesionalnya melalui riset sebagai tenaga pengembang Pembelajaran, hingga menghasikan karya inovatif dan teruji.
PP2.mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang Teknologi Pendidikan melalui pendekatan inter atau multidisipliner PP3.mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan ilmu Teknologi Pendidikan, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional |
Keterampilan Umum | KM1 mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahlian teknologi Pendidikan, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah,tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan memublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasi tingkat nasional dan mendapatkan pengakuan internasional berbentuk presentasi ilmiah atau yang setara
KM2mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuaibidang keahlian teknologi Pendidikan dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya; KM3mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; KM4mampu mengidentifikasibidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melaluipendekatan interdisiplin atau multidisiplin; KM5mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data; KM6 mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas; KM7mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; KM8mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; |
|
Keterampilan Khusus | KP1.1mampu melaksanakan penelitian pendidikan ilmiah untuk mengembangkan pemikiran dalam menciptakan desain atau karya seni di bidang pengetahuan dan teknologi pembelajaran antara lain meliputi strategi, sumber, media, model, evaluasi dan kurikulum dengan memperhatikan nilai humaniora sesuai bidang teknologi Pendidikan.
KP1.2menyusun konsep pembelajaran ilmiah hasil kajian berdasar kaidah ilmiah dalam bentuk Tesis. KP1.3mempublikasikan hasil kajian ilmiah dalam jurnal Ilmiah yang terakreditasi Nasional maupun Internasional. KP2.mampu melakukan kajian akademik sesuai bidang teknologi Pendidikan dalam menyelesaikan masalah di dunia pendidikan dan masyarakat. KP3.1mampu Membuat karya ilmiah/desainpembelajaran dari hasil pemikiran dan argumen saintifik yang dapat dipertanggung jawabkan. KP3.2mampu mengkomunikasikan karya ilmiah/desain pembelajaran dari hasil pemikiran dan argumen saintifik kepada masyarakat melalui media. KP4.mampu mengidentifikasi dan memetakan obyek penelitian Pendidikan untuk dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin maupun multidisiplin KP5mampu mengambil keputusan dalam menyelesaikan masalah pendidikan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data; KP6mampu menjalin dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembagapendidikan dan komunitas penelitian yang lebih luas; KP7mampu meningkatkan kemampuan pembelajaran secara mandiri KP8mampu mendokumentasikan, dan menemukan kembali data hasil penelitian Pendidikan dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
Sebaran Mata kuliah setiap Semester Berdasarkan Profil prodi M.TPd
Semester | No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | ||
Semester I | 01 | MKU 400 | Filsafat Ilmu dan Kebijakan Pendidikan | 2 | ||
02 | MKU500 | Metodologi Penelitian | 3 | |||
03 | MKDK510 | Landasan Kependidikan dan Teknologi Pendidikan | 2 | |||
04 | MKU502 | Statistik | 3 | |||
05 | TPD 520 | Teknologi Pembelajaran & dan Kinerja Pendidikan | 2 | |||
06 | TPD- 512 | Difusi dan Inovasi Pendidikan | 2 | |||
Jumlah SKS Semester 1 | 14 | |||||
Semester 2 | 07 | TPD544 | Rancangan dan Model Pembelajaran | 3 | ||
08 | TPD 542 | Evaluasi Program & Pelaksanaan Pembelajaran | 3 | |||
09 | TPD 540 | Media Pembelajaran | 3 | |||
10 | TPD 530 | Perencanaan danPengembangan Kurikulum | 2
|
|||
11 | TPD 543 | Desain Pesan dan bahan Pembelajaran | 2 | |||
12 | TPD 545 | Penelitihan Teknologi Pendidikan | 3 | |||
Jumlah SKS Semester 2 | 16 | |||||
Semester 3 | 13 | TES590 | Seminar Proposal Tesis | 2 | ||
Jumlah SKS Wajib Semester 3 | 2 | |||||
14 | Pilihan Profil Pengembangan Teknologi Pendidikan Madya | Perilaku Organisasi & Kepemimpinan Pendidikan(MK Pilihan) | 2 |
|
||
15 | Desain Pembelajaran: Teori & terapan (MK Pilihan) | 2 | ||||
16 | Pilihan Profil Peneliti & Pengembangan Pendidikan Teknologi Pendidikan Madya
|
Pengembangan Pembelajaran berbasis Teknologi(MK Pilihan) | 2 | |||
17 | Metodologi Penelitian Kualitatif(MK Pilihan) | 2 | ||||
18 | Pilihan Profil Analisa Teknologi Pendidikan Madya
|
Organisasi dan Pengelolaan Sumber Belajar(MK Pilihan) | 2 | |||
19 | Desain Pengelolaan Pendidikandan Pelatihan Inovatif(MK Pilihan) | 2
|
||||
Jumlah SKS Pilihan Semester 3 4 | ||||||
Tahap Akhir | 20 | TPD 546 | Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) | 2 | ||
21 | TES591 | Tesis | 6 | |||
Jumlah SKS Tahap Akhir- 4 | 8 | |||||
JUMLAH | 44 |