FKIP Unitomo Adakan Kompetisi Deklamasi Puisi Tingkat Nasional Secara Virtual


Pada hari Sabtu, 08 Agustus 2020 pukul 10.00 WIB melalui zoom meeting, Teater KU telah mengadakan acara Deklamasi Online Nasional. Acara ini merupakan kompetisi membaca puisi secara nasional yang bertujuan untuk menumbuh kembangkan rasa cinta kepada sastra Indonesia. Selain itu, ini juga merupakan suatu acara yang bertujuan mengenalkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dr. Soetomo sebagai bagian dari kampus kebangsaan dan kerakyatan yang telah mencetak lulusan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Proses pendaftaran, pengiriman, dan penyeleksian video dari Deklamasi online nasional ini dilakukan dengan memanfaatkan  instagram. Acara di awali dengan Pendaftaran dan Pengiriman  Video pada tanggal 24 Juni 2020, Penyeleksian, Penjurian dan berkahir dengan pengumuman pemenang deklamasi yang disampaikan pada tanggal 08 Agustus 2020. Acara ini juga menggandeng pihak-pihak yang berkompeten dalam bidang ini sebagai dewan juri yaitu Dr. Shoim Anwar, M.Pd., dosen Universitas PGRI Adi Buana sekaligus cerpenis dan pelukis, Dr. Hetty Purnamasari, M.Pd. selaku Dekan  FKIP Universitas Dr. Soetomo dan Misbahol Hairah, S.Pd., pembina Teater RODA (Pelajar Kota Bontang) sekaligus alumni Teater KU. “Dalam masa pandemi, kegiatan positif bisa tetap dilakukan dengan virtual, jangan jadikan pandemi COVID-19 sebagai penghalang untuk berkarya dan berkreasi untuk semakin cinta terhadap sastra Indonesia” tutur Dekan FKIP.

Acara ini diikuti oleh 71 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Gresik, Malang, Klaten, Tapin, Samarinda, Bengkulu, Tangerang, dan lain sebagainya. Berikut ini daftar pemenang Deklamasi Online Nasional.

Juara 1

M. Deni Maulana

SMAN 1 CIANJUR

Cianjur, Jawa Barat

 

Juara 2

Mohammad Sa'idun Nadlif

MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 LAMONGAN

Gresik, Jawa Timur

 

Juara 3

Akhmad Risky Rahmadani

SMAN 1 RANTAU

Tapin, Kalimantan Selatan

 

Terkreatif

Nor Hikmah

SMAN 1 RANTAU

Tapin, Kalimantan Selatan

 

Terfavorit

Putri Nihayatut Thoyyibah

SMA HIDAYATUS SALAM

Gresik, Jawa timur

 

Pemenang dari acara ini mendapatkan hadiah berupa uang pendidikan, e-sertifikat juara, dan beasiswa potongan DPP sebesar 50%. Selain pemenang, peserta yang belum beruntung juga mendapatkan e-sertifikat dan beasiswa potongan DPP sebesar 50%.