Profil GPM FKIP

Gugus Penjaminan Mutu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan secara kelembagaan di bentuk berdasarkan Surat Keputusan Rektor nomor OU.231/A.52/III/2013.

Secara kelembagaan di tingkat Universitas, pemegang kepentingan SPMI Universitas Dr. Soetomo terdiri dari: (a) Senat Universitas, Pimpinan Universitas, dan lembaga, Pusat Penjaminan mutu. (b) ditingkat fakultas terdiri dari Senat Fakultas, pimpinan fakultas, gugus penjaminan mutu; (c) ditingkat program studi terdiri dari, ketua prodi dan unit penjaminan mutu.

Pelaksanaan Sistem penjaminan mutu internal Pendidikan FKIP Universitas Dr. Soetomo didetugas Akhirkan sebagai berikut:

  1. Kebijakan Mutu: Kebijakan mutu Pendidikan FKIP Universitas Dr. Soetomo adalah berkomitmen menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul secara nasional dengan memberikan pelayanan yang berkualitas melalui peningkatan mutu pelaksanaan tri dharma Perguruan Tinggi yang berkelanjutan dan melampaui standar minimal yang ditetapkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi, dan memperhatikan kebutuhan pihak yang berkepentingan.
  2. Pernyataan Mutu: Untuk mencapai visi misi secara efektif, efisien dan akuntabel, maka setiap unit di lingkungan Pendidikan FKIP Universitas Dr. Soetomo dalam merancang dan melaksanakan tugas, fungsi, dan pelayanan harus berdasakan standar mutu yang telah ditetapkan dan melampaui standar minimal yang ditetapkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi, dan memperhatikan kebutuhan pihak yang berkepentingan.
  3. Standar Mutu Pendidikan FKIP Universitas Dr. Soetomo bertujuan menjamin agar layanan tri dharma perguruan tinggi yang diselenggarakan Pendidikan FKIP Universitas Dr. Soetomo sesuai dan melampuai kriteria minimal yang ditetapkan DIKTI. Standar mutu Pendidikan FKIP Universitas Dr. Soetomo wajib dan mengikat untuk dijadikan dasar dalam pengembangan dan penyelnggaraan sistem penjaminan mutu internal di unit Kerja Pelaksana Akademik (UKPA), penyelenggaraan pembelajaran program studi, penyelenggaraan penelitian dan pengabdian pada masyarakat, serta pemenuhan semua layanan. Berikut dokumen Kebijakan, manual dan standar mutu, yang ditetapkan sebagai acuan penyelenggaraan layanan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Pendidikan FKIP Universitas Dr. Soetomo
  4. Prosedur Mutu adalah prosedur terdokumentasi yang merinci dan menjelaskan langkah-langkah dan mekanisme pelaksanaansemua proses aktifitas dalam sistem manajemen mutu yang melibatkan berbagai fungsi, yang akan menjamin aktifitas tersebut terkendali dan merupakan penjabaran dari manual mutu. Berapa Prosedur Mutu yang ditetapkan sebagai acuan pelaksanaan akivitas penyelenggaraan layanan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Universitas Dr. Soetomo
  5. Pentahapan sasaran Mutu

Puncak hirarkis Implementasi Penjaminan Mutu adalah ditetapkannya kebijakan mutu sebagai acuan dasar pelaksanaan mutu semua unit. Perumusan visi misi dan rencana Induk pengembangan yang ddirumuskan secara komprehensif diterjemahkan dalam akvitas pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, didukung dengan sarana dan prasarana utamanya sistem informasi.

Pegembangan dokumen mutu disusun serentak pada tahun 2014 oleh Pusat Penjaminan Mutu dan Gugus Penjaminan mutu. Gugus penjaminan mutu secara berkala mengadakan pertemuan lintas gugus atau Focus group Discussion untuk merumuskan berbagai prosedur, formulir mutu, ataupun instruksi kerja. Kegiatan tersebuh untuk meminimalkan standar yang berbeda antarfakultas atau prodi.

Pentahapan sasaran mutu Pendidikan FKIP Universitas Dr. Soetomo dicapai dengan langkah-langkah berikut:

  1. Tujuan yang telah ditetapkan Universitas dalam visi misi dan rencana induk pengembangan diterjemahkan dalam rencana strategis dan rencana operasional 5 tahunan. Pusat penjaminan mutu menetapkan butir tugas Akhir, bobot, dan standar mutu sebagai acuan pentahapan pencapaian.
  2. Fakultas bersama-sama menetapkan base line dari semua indikator standar
  3. Sasaran mutu sesuai tahapan rencana stategi Pendidikan FKIP Universitas Dr. Soetomo ditetapkan masing-masing prgram studi.
  4. Pusat Penjaminan mutu melalui Audit Internal Mutu Unit Pelaksana Akademik memetapkan capaian mutu, melakukan monitoring dan evaluasi terhadap sasaran mutu yang telah ditetapkan.

Unit Pelaksana Penjaminan Mutu: Pelaksana Penjaminan Mutu di Universitas Dr. Soetomo adalah Pusat Penjaminan Mutu dan Gugus Penjaminan Mutu. Pusat Penjaminan Mutu (PPM)adalah organ fungsional berada pada di tingkat Institusi yang bertanggung jawab langsung kepada Rektor. Sedangkan Gugus Penjaminan mutu berada di tingkat fakultas yang bertanggung jawab kepada Dekan atau ketua lembaga

Sistem Penjaminan Mutu Internal universitas Dr. Soetomo diatur berdasarkan Statuta Universitas Dr. Soetomo tahun 2014 berdasarkan Peraturan Pengurus Yayasan Cendikia Utama Nomor: Per.01/YPCU/VII/2014 tanggal 21 Juli 2014 yang menegaskan bahwa penyelenggaraan pendidikan Tinggi di universitas Dr. Soetomo harus memperhatikan kesesuaian hasil luarannya dengan visi misi yang telah ditetapkan, harus melampuai standar minimal yang ditetapkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi, dan memperhatikan kebutuhan pihak yang berkepentingan.

Pelaksanaan Sistem penjaminan mutu internal universitas Dr. Soeomo didetugas Akhirkan sebagai berikut:

  1. Kebijakan Mutu: Kebijakan mutu Pendidikan FKIP Universitas Dr. Soetomo adalah berkomitmen menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul secara nasional dengan memberikan pelayanan yang berkualitas melalui peningkatan mutu pelaksanaan tri dharma Perguruan Tinggi yang berkelanjutan dan melampaui standar minimal yang ditetapkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi, dan memperhatikan kebutuhan pihak yang berkepentingan.
  2. Pernyataan Mutu: Untuk mencapai visi misi secara efektif, efiien ddan akuntabel, maka setiap unit di lingkungan Pendidikan FKIP Universitas Dr. Soetomo dalam merancang dan melaksanakan tugas, fungsi, dan pelayanan harus berdasakan standar mutu yang telah ditetapkan dan melampaui standar minimal yang ditetapkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi, dan memperhatikan kebutuhan pihak yang berkepentingan.
  3. Unit Pelaksana Penjaminan Mutu: Pelaksana Penjaminan Mutu di Pendidikan FKIP Universitas Dr. Soetomo adalah Pusat Penjaminan Mutu dan Gugus Penjaminan Mutu. Pusat Penjaminan Mutu (PPM) adalah organ fungsional berada pada di tingkat Institusi yang bertanggung jawab langsung kepada Rektor. Sedangkan Gugus Penjaminan mutu berada di tingkat fakultas yang bertanggung jawab kepada Dekan atau ketua lembaga. Hierarki hubungan Pusat Penjaminan Mutu dan Gugus Penjaminan Mutu bersifat kordinasi. Struktur Pusat Penjmainan Mutu disajikan dalam bagan berikut:

Keputusan Rektor Nomor: OU.468/C.1.10/II/2009, yang juga menjadi dasar pelakasaan tugas pokok dan fungsi penjaminan mutu. Sedangkan pembentukan kelembagaan Gugus penjaminan Mutu didasarkan pada Surat Keputusan Rektor pada masing masing Fakultas atau lembaga. Semua Unit  Pelaksana Penjaminan Mutu baik di Tingkat Institusi dan tingkat Fakultas berjalan dengan baik dan aktif. Berikut data keaktifan PPM dan GPM di Universitas Dr. Soetomo:

Tabel 2.4 Data Keaktifan Unit Pelaksana Penjaminan Mutu.

Kode PT Nama Unit Penjaminan Mutu Unit Kerja No SK Ket
071005 Pusat Penjaminan Mutu Institusi OU.231/A.52/III/2013 Aktif
071005 Gugus Penjaminan Mutu FP Fakultas/prodi OU.231/A.52/III/2013 Aktif
071005 Gugus Penjaminan Mutu FIA Fakultas/prodi OU.231/A.52/III/2013 Aktif
071005 Gugus Penjaminan Mutu FKIP Fakultas/prodi OU.231/A.52/III/2013 Aktif
071005 Gugus Penjaminan Mutu FIKOM Fakultas/prodi OU.231/A.52/III/2013 Aktif
071005 Gugus Penjaminan Mutu FH Fakultas/prodi OU.231/A.52/III/2013 Aktif
071005 Gugus Penjaminan Mutu FS Fakultas/prodi OU.231/A.52/III/2013 Aktif
071005 Gugus Penjaminan Mutu FE Fakultas/prodi OU.231/A.52/III/2013 Aktif
071005 Gugus Penjaminan Mutu FT Fakultas/prodi OU.231/A.52/III/2013 Aktif

Standar Mutu

Standar Mutu Pendidikan FKIP Universitas Dr. Soetomo bertujuan menjamin agar layanan tri dharma perguruan tingginyang diselenggarakan Universitas Dr. Soetomo sesuai dan melampaui kriteria minimal yang ditetapkan. Standar mutu Pendidikan FKIP Universitas Dr. Soetomo wajib dan mengikat untuk dijadikan dasar dalam pengembangan dan penyelnggaraan sistem penjaminan mutu internal di unit Kerja Pelaksana Akademik (UKPA), penyelenggaraan pembelajaran prodram studi, penyelenggaraan penelitian dan pengabdian pada masyarakat, serta pemenuhan semua layanan. Berikut dokumen Kebjakan, manual dan standar mutu,  yang ditetapkan sebagai acuan penyelenggaraan layanan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Universitas Dr. Soetomo:

Tabel : Dokumen Mutu Universitas Dr. Soetomo

Kode PT Jenis Dokumen Mutu Unit Kerja Tahapan Tahun Pengesahan
071005 Kebijakan Mutu Institusi Implementasi 2014
071005 Manual Mutu Institusi Implementasi 2014
071005 Standar Kompetensi Lulusan Institusi Implementasi 2014
071005 Standar Isi Institusi Implementasi 2014
071005 Standar Proses Institusi Implementasi 2014
071005 Standar Penilaian hasil Belajar Institusi Implementasi 2014
071005 Standar pendidik dan Tenaga Kependidikan Institusi Implementasi 2014
071005 Standar sarana dan Prasarana Institusi Implementasi 2014
071005 Standar Pengelolaan Institusi Implementasi 2014
071005 Standar Pembiayaan Institusi Implementasi 2014
071005 Standar Isi Penelitian Institusi Implementasi 2014
071005 Standar Hasil Penelitian Institusi Implementasi 2014
071005 Standar Proses Penelitian Institusi Implementasi 2014
071005 Standar Penilaian Penelitian Institusi Implementasi 2014
071005 Standar Peneliti Institusi Implementasi 2014
071005 Standar Sarana dan Prasaranan Penelitian Institusi Implementasi 2014
071005 Standar  Pengelolaan Penelitian Institusi Implementasi 2014
071005 Standar Pembiayaan Penelitian Institusi Implementasi 2014
071005 Standar Etika Penelitian Institusi Implementasi 2014
071005 Standar Sanksi Penelitian Institusi Implementasi 2014
071005 Standar Isi PkM Institusi Implementasi 2014
071005 Standar Hasil PkM Institusi Implementasi 2014
071005 Standar Proses PkM Institusi Implementasi 2014
071005 Standar Penilaian PkM Institusi Implementasi 2014
071005 Standar Pelaksana PkM Institusi Implementasi 2014
071005 Standar Sarana dan Prasaranan PkM Institusi Implementasi 2014
071005 Standar  Pengelolaan PkM Institusi Implementasi 2014
071005 Standar Pembiayaan PkM Institusi Implementasi 2014
071005 Standar Etika PkM Institusi Implementasi 2014
071005 Standar Sanksi PkM Institusi Implementasi 2014
071005 Standar Pusat Informasi manajemen data komunikasi Institusi Implementasi 2014
071005 Standar Suasana Akademik Fakultas/prodi Implementasi 2014
071005 Instruksi Kerja Fakultas/prodi Implementasi 2014
071005 Sasaran Mutu Fakultas/prodi Implementasi 2014

Prosedur Mutu

Prosedur Mutu adalah prosedur terdokumentasi yang merinci dan menjelaskan langkah-langkah dan mekanisme pelaksanaan semua proses aktifitas dalam sistem manajemen mutu yang melibatkan berbagai fungsi, yang akan menjamin aktifitas tersebut terkendali dan merupakan penjabaran dari manual mutu. Berapa Prosedur Mutu yang ditetapkan sebagai acuan pelaksanaan akivitas penyelenggaraan layanan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Universitas Dr. Soetomo disajikan sebagai berikut :

Tabel : Prosedur Mutu Universitas Dr. Soetomo

Kode PT Jenis Prosedur Mutu Unit Kerja Tahapan Tahun Pengesahan
071005 Prosedur Mutu Akademik Institusi Implementasi 2014
071005 Prosedur Mutu Kepegawaian Institusi Implementasi 2014
071005 Prosedur Mutu Sarana Prasarana Institusi Implementasi 2014
071005 Prosedur Mutu Penelitian Institusi Implementasi 2014
071005 Prosedur Mutu Pengabdian Institusi Implementasi 2014
071005 Prosedur Mutu Kerjasama Institusi Implementasi 2014
071005 Pedoman Prosedur Peraturan Pendidikan Fakultas Implementasi 2014
071005 Pedoman Prosedur Perubahan Kurikulum Fakultas Implementasi 2014
071005 Pedoman Prosedur pembuatan dan Perubahan RPS Fakultas Implementasi 2014
071005 Instruksi kerja Kegiatan Proses Belajar menngajar Fakultas Implementasi 2014
071005 Instruksi kerja Fakultas Implementasi 2014
071005 Insruksi kerja pengolahan nilai ujian Fakultas Implementasi 2014
071005 Instruksi kerja kegiatan akademik di luar kampus Fakultas Implementasi 2014

Pentahapan sasaran Mutu

Puncak hirarkis Implementasi Penjaminan Mutu adalah ditetapkannya kebijakan mutu sebagai acuan dasar pelaksanaan mutu semua unit. Perumusan visi misi dan rencana Induk pengembangan yang ddirumuskan secara komprehensif diterjemahkan dalam akvitas pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, didukung dengan sarana dan prasarana utamanya sistem informasi.

Pegembangan dokumen mutu disusun serentak pada tahun 2014 oleh Pusat Penjaminan Mutu dan Gugus Penjaminan mutu. Gugus penjaminan mutu secara berkala mengadakan pertemuan lintas gugus atau Focus group Discussion untuk merumuskan berbagai prosedur, formulir mutu, ataupun instruksi kerja. Kegiatan tersebuh untuk meminimalkan standar yang berbeda antarfakultas atau prodi.

Pentahapan sasara mutu Pendidikan FKIP Universitas Dr. Soetomo dicapai dengan langkah-langkah berikut:

  1. Tujuan yang telah ditetapkan Universitas dalam visi misi dan rencana induk pengembangan diterjemahkan dalam rencana strategis dan rencana operasional 5 tahunan. Pusat penjaminan mutu menetapkan butir tugas Akhir, bobot, dan standar mutu sebagai acuan pentahapan pencapaian.
  2. Fakultas bersama-sama menetapkan base line dari semua indikator standar.
  3. Sasaran mutu sesuai tahapan rencana stategi Pendidikan FKIP Universitas Dr. Soetomo ditetapkan masing-masing prgram studi.
  4. Pusat Penjaminan mutu melalui Audit Internal Mutu Unit Pelaksana Akademik memetapkan capaian mutu, melakukan monitoring dan evaluasi terhadap sasaran mutu yang telah ditetapkan.

SPMI Universitas Dr. Soetomo dirancang, dilaksanakan dan ditingkatkan mutunya secara berkelanjutan dengan berdasarkan pada model PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian stdandar, dan Peningkatan Standart).

Penetapan Standar

Penetapan standar sustem penjaminan Mutu Pendidikan FKIP Universitas Dr. Soetomo terdiri dari: (1) penetapan kebijakan akademik; (2) penetapan kebijakan mutu; (3) penetapan manual mutu; dan (4) penetapan prosedur mutu.

Penetapan kabijakan akademik terkait dengan penetapan kebijakan dalam bidang pendidikan, penelitia, pengabdian kepad masyarakat, dan kerjasama. Penetapan standar mutu Pendidikan FKIP Universitas Dr. Soetomo telah disesuaikan standar Nasional pendidikan tinggi berdaarkan permenristekdikti nomor 44 tahun 2015. Setiap kebijakan akademik ditetapkan arah keijakan, program, sumberdaya yang dibutuhkan, evaluasi program dan kelembagaan yang manungi.

Penetapan kebijakan Mutu Pendidikan FKIP Universitas Dr. Soetomo berkaitan dengan komitmen memberikan pelayanan yang berkualitas dan pelayanan prima pada pelangan dalam penyelenggaraan tri Dhara perguruan tinggi sehingga menghasilkan lulusan yang mandiri, modern, dan beretika.

Penetapan manual Mutu bertujuan untuk memberikan kerangka dasar dalam penyusunan ddan penerapan sistem penjaminan mutu yang dikembangkan Universitas Dr. Soetomo.

Penetapan prosedur mutu sebagai panduan dalam melaksanakan standard an sasaaran mutu. Prosedur mutu yang telah disusun dan dilaksanakan dalam upaya peningkatan mutu Universitas Dr. Soeomo diantaranya: (1) Prosedur Mutu akademik; (2) prosedur mutu keuangan; (3) prosedur mutu bidang kemahasiswaan; (4) prosedur mutu kepegawaian; (5) prosedur mutu penelitian; (6) prosedur mutu pengabdian kepada masyarakat; (7) prosedur mutu saranan dan prasana; (9) prosedur mutu perpustkaan.

Semua standar telah disosialisakan kepada semua unit, dan telah ditentukan pencapaian tujuan melalui strategi aktivitas tersebut akan selalu dimonitor secara berkala,  dievaluasi dan dikembangkan kearah yang lebih baik secara berkelanjutan. Pada setiap aktivitas untuk mencapai tujuan tersebut ditetapkan standar tertentu sebagai pengukur kinerja atau pencapaian tujuan serta ditetapkan pula manual manual sebagai petunjuk praktis bagaimana suatu aktivitas dilaksanakan, dievaluasi dan ditingkatkan mutunya.

 

Pelaksanaan Standar”, setiap unit pelaksana dalam melaksanakan tugas, peran dan fungsinya harus berprinsip :

  • Quality first: semua pikiran dan tindakan harus memprioritaskan mutu
  • Stakeholders-in: semua pikiran dan tindakan harus ditujukan pada kepuasan pemangku kepentingan
  • The next process is our stakeholders: setiap pelaku yang melaksanakan tugas harus menganggap orang lain yang menggunakan hasil pelaksanaan tugasnya sebagai stakeholder-nya yang harus dipuaskan
  • Speak with  data:  setiap  pelaku  harus  melaksanakan  tindakan  dan  mengambil keputusan berdasarkan analisis data yang telah diperolehnya   terlebih dulu, bukan berdasarkan pengandaian atau rekayas
  • Upstream management: semua pengambilan keputusan dilakukan secara partisipatif, bukan otoritatif

Pelaksanaan penjaminan mutu internal merupakan bagian dari tanggung jawab pimpinan universitas, pimpinan fakultas, pimpinan prodi, serta dosen. Sistem penjaminan mutu internal universitas Dr. Soetomo dirancang dan dilaksanakan untuk menjamin mutu lulusan dan gelar akademik yang diberikan.

 

Evaluasi Standar

Setiap Unit pelaksana dalam melaksanakan tugasnya, pada titik waktu tertentu harus melakukan evaluasi diri atau diaudit kesesuaian hasil tugasnya dengan standar mutu yang telah ditetapkan. Apabila hasilnya sesuai dengan standar, maka pada proses PPEPP berikutnya standar yang bersangkutan ditingkatkan. Tetapi apabila hasilnya ditemukan ketidak sesuaian dengan standar, maka harus dilakukan tindakan koreksi agar standar yang ditentukan dapat dicapai. Tindakan yang dilakukan tersebut yang dalam tahap PPEPP  disebut dengan “Pelaksanaan”.

Pengendalian Standar

Pengendalian standar mutu Pendidikan FKIP Universitas Dr. Soetomo dilakukan dengan sistem;

  • Monitoring dan evaluasi internal: monevin dilaksanakan secara kontinu oleh gugus penjaminan mutu fakultas terhadap pelaksanaan perkuiahan, pengembangan materi perkulihan, pelaksanaan lesson study, pelaksaaan bimbingan dan ujian akhir, pelksanaan ujian perkuliahan; pelaksanaan DPAM, pelaksaaa kerja prraktik, dan pelaksanaan prosedur mutu
  • Audit Internal Mutu Unit Pelaksana Akademik; dilaksanakan secara rutin dua kali dalam setahuan meluputi audit kinerja akademik dan audit sistem. AIM UKPA meliputi semua standar yang telah ditetapkan dan dilaksanakan secara bertahap. Pada tahun 2015 AIM UKPA mengukur Standar Komptensi Lulusan berdasarkan KKNI dan SN Dikti yang disusun semua prodi dan penyusunan RPS. Secara umum pelaksanaan AIM UKPA mengukur: (a) keterapaian capaian standa kompetensi lulusan; (b) standar Isi; (c) standr Proses; (d) standar penilaian; (e) standa dosen dan tenaga kependidikan; (f) standar sarana dan prasarana; (g) standar penngelolaan pembelajara; dan (h) standar pembiaya pembelajaran.
  • Audit Kinerja Dosen ddan tenaga kependidikan: meliputi audit SKP, LKD, IKAD, pengukuran kepuasan mahasiswa di setiap semester. Selain itu juga diukur kinerja tenaga kependidikan melalui SKP, DP3, dan kepuasan mahasiswa terhdap layanan

Secara rinci Kegiatan Sistem pengendalian Penjaminan Mutu Internal yang dilakukan untuk quality Assurance baik dalam bidang akademik maupun non akademik dilakukan dengan terjadwal dan terstruktur, sebagai table berikut:

No Kegiatan Audit Ruang Lingkup Tujuan Waktu
BIDANG AKADEMIK
1. Monitoring Proses Pembelajaran Monitoring Parameter Standar mutu proses pembelajaran 1.   Memastikan pelaksaan mutu akademik

2.  Membangun komitmen pelaksanan pejaminan mutu

Maret dan september
2 AIM-UKPA 1.   Audit keseuaian pelaksanaan mutu akademik

2.   Audit keberadaan dokumen akademik

3.   Tindak lanjut audit sebelumnya

Konsistensi dan peningkatan satandar mutu akademik Oktober-desember
3 Evaluasi Pelaksanaan Perkuliahan (umpan balik mahasiswa) Monitoring pelaksanaan perkuliahan sesuai satandar mutu Memastikan kuliatas pembelajaran dan perangkatnya sesuai dengan standar Maret dan september
4 Audit Mutu Penelitian Audit pelaksnaan penelitian, publikasi, keberadaan dokumen, dan tindak lanjut Konsistensi dan peningkatan satandar mutu penelitian Juni
5 Audit Mutu Pengabdian kepada Masyarakat Audit pelaksnaan Pengabdian kepada Masyarakat, publikasi, keberadaan dokumen, dan tindak lanjut Konsistensi dan peningkatan satandar mutu Pengabdian kepada Masyarakat

 

Juni
6 Audit Mutu Kerjasama Audit pelaksnaan Kerjasama, keberadaan dokumen, dan tindak lanjut, evaluasi kepuasan pihak Konsistensi dan peningkatan standar mutu kerjasama Juni
BIDANG NON AKADEMIK
6 Audit Keuangan Audit oleh BPI untuk memastikan pelaksanaan anggaran, keberadaan dokumen, dan tindak lanjut Memastikan ketercapaian program dan tindak lanjut program Juli-agustus
7 Penilaian Kinerja pejabat Struktura Audit laporan kinerja pejabat, memastikan kesesuaian pelaksanaan progrm dengan program kerja Memastikan ketercapaian program dan tindak lanjut program Juli-agustus
8 Laporan Kinerja Dosen dan IKAD Audit laporan kinerja akademik dosen Memastikan kinerja dosen sesuai stdanr mutu Februari dan agustus
9 Laporan SKP dan DP3 Audit kinerja pegawai Memastikan kinerja oegawai januari
10 Penilaian kepuasan dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa terhadap manajemen Evaluasi kebijakan lembaga Mengetahui tingkat kepuasn dosen,  tenaga kependidikan, dan mahasiswa kepada lembaga Maret dan september

Semua proses di atas dimaksudkan untuk menjamin bahwa setiap kegiatan penyelenggaraan  pendidikan  tinggi  pada  institusi  terjamin  mutunya,  dan  bahwa  Pendidikan FKIP Universitas Dr. Soetomo juga selalu dievaluasi untuk menemukan kekuatan dan kelemahannya sehingga dapat dilakukan perubahan ke arah perbaikan secara berkelanjutan. Hasil pelaksanaan SPMI  dengan  basis  model  manajemen PPEPP adalah kesiapan Pendidikan FKIP Universitas Dr. Soetomo untuk  mengikuti  proses  akreditasi  atau penjaminan mutu eksternal baik oleh BAN-PT ataupun lembaga akreditasi lain yang kredibel.

 

Peningkatan Standar

Peningkatan  standar penjaminan mutu dilakukan dengan prinsip; (1) Continuos improvement; (2) dilakukan penyempurnaan berdasarkan evaluai dan temuan; (3) tindak lanjut dan pelaksanaan audit internal; (4) melalaui pembahasan dan persetujuan pimpinan.

Unit Penjaminan Mutu tingkat program studi bekerja secara rutin dan berkala menyesuaikan kegiatan-kegiatan terkait. Monitoring dan evaluasi dilakukan pada:

  1. terkait dengan kegiatan pembelajaran: (a) prosedur pembuatan jadwal perkuliahan dan pengisian Kartu Rencana Studi; (b) Penyusunan RPS dan Silabus sesuai komptensi lulusan yang telah disusun; (c) kontrak belajar antar dosen dan mahasiswa pada awal perkuliahan; (d) monitoring dan evaluasi pelaksanaan perkulihan, tatap muka dosen, kehadiran mahasiswa; (e) pemutakhiran RPS dan Silabus; (f) pemutakhiran bahan dan buku ajar; (g) penyedian dan peningkatan kualitas sarana dan prasarana pembejaran; (h) evaluasi pelaksanan perkuliahan; (i) prosedur matrikulasi; (j) monitoring dan evaluasi penentuan topik disertasi; (k) ujian tertutup dan terbuka.
  2. Terkait Penelitian dan Pengabdian pada masyarakat: (a) seminar proposal penelitian; (b) monitoring pelaksanaan penelitian dan pengabdian; (c) seminar hasil penelitian dan pengabdian; (d) pelaporan hasil penelitian dan pengabdian.elaksanaan penelitian dan pengabdian; (c) seminar hasil penelitian dan pengabdian;