Profil

Visi Program Studi

Menjadi Prodi Magister Teknologi Pendidikan yang unggul di tingkat nasional pada tahun 2025 dalam pengembangan bidang ilmu teknologi kinerja, teknologi pembelajaran, inovasi & perubahan pendidikan, model pembelajaran, teknologi media, dan teknologi evaluasi pendidikan

 

Misi Program Studi

Misi Program Studi Magister Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Dr. Soetomo, yaitu:

  1. Mengembangkan  program pendidikan dan pembelajaran yang inovatif, konstruktif dan revolusioner sesuai dengan perkembangan teknologi terapan dan teknologi informasi dalam rangka untuk mendukung persaingan global dunia pendidikan
  2. Melaksanakan program penelitihan, dan kajian-kajian ilmiah untuk kemperkuat daya analisis dosen dan peserta didik dalam rangka membantu memecahkan masalah belajar dalam berbagai situasi dan kondisi.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka melopori usaha inovatif dalam sistem belajar dan pembelajaran.
  4. Mengembangkan kemampuan profesional dan modern para dosen di bidang studi teknologi pendidikan sesuai dengan perkembangan disiplin ilmu teknologi pendidikan global.

 

Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan tenaga akademik yang professional dan modern mampu mengembangkan metode dan mengelola pendekatan baru dalam belajar dan pembelajaran sesuai dengan perkembangan IPTEK dan ICT.
  2. Menghasilkan tenaga-tenaga peneliti yang unggul dalam bidang tehnologi pendidikan dan pembelajaran, sehingga mampu menjadi inspirator  pengembangan pendidikan dan pelatihan ditingkat nasional ataupun internasional.
  3. Menghasilkan tenaga-tenaga professional yang humanis dari kalangan dosen, mahasiswa dan alumni yang mampu memberikan pencerahan dalam rangka memperkuat dan memperluas jalinan kepada masyarakat sebagai bentuk pengadian pada masyarakat.
  4. Prodi Teknologi Pembelajaran FKIP Universitas Dr. Soetomo menjadi salah satu prodi yang menjadi rujukan dalam pengembangan sistem pembelajaran dari prodi-prodi lain dan mampu menghasilkan lulusan yang berkarakter mandiri, modern, dan beretika.Tujuan Program Studi Magister Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Dr. Soetomo sebagaimana  dikemukakan  di atas tidak terpisah dari penjabaran visi  Universitas Dr. Soetomo. Tujuan tersebut dapat dicapai jika dalam proses penyelenggaraan  pendidikan  didasarkan  tata  nilai  yang  disepakati  oleh  pihak-pihak  yang terlibat   dalam  proses   tersebut.     Tata  nilai  yang  dimaksud   meliputi:   universalitas   dan obyektivitas, kebebasan akademik, transparansi, efisiensi, demokratis dan akuntabel.

    Nilai universalitas dan obyektivitas tercermin dari adanya beragam tujuan yang berorientasi pada peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada  masyarakat,  dan  kiprahnya  di  tingkat  nasional  dan  internasional. Nilai  kebebasan akademik  tercermin  dari  keleluasaan  civitas  akademika  dalam  mengekspresikan  gagasan melalui  penelitian,  publikasi  jurnal  dan  media  yang  ada  di  Program Studi Magister Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Dr. Soetomo. Nilai  transparansi  dan efisiensi dapat dilihat dari Rencana Strategis yang disusun dalam setiap tahun anggaran, pendanaan, dan pertanggungjawabannya dalam setiap akhir tahun pelaksanaan kegiatan. Nilai demokrasi  dan  akuntabilitas  tercermin  dari  proses  pengambilan  keputusan  strategis  dan pemilihan unsur-unsur pimpinan yang selalu mengedepankan proses demokrasi.

    Nilai dasar dalam tujuan yang ditetapkan Program Studi Magister Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Dr. Soetomo berdasarkan filosofi perjuangan Dr. Soetomo. Filosofi Perjuangan Dr. Soetomo disarikan dalam bentuk sikap beretika, mandiri dan modern tercantum dalam tujuan Universitas Dr. Soetomo. Secara operasional, nilai  Mandiri, Modern, Beretika