Profile Magister Pendidikan

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta strategi PENCAPAIAN

Visi program studi

Menjadikan Universitas DR. Soetomo sebagai Perguruan Tinggi unggul  berstandar nasional  di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi pada tahun 2020.

Visi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan :

Pada tahun 2020 menjadi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) unggul, berstandar nasional di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Visi Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia  :

Pada tahun 2020 Program Studi Pendidiakan Bahasa Indonesia menjadi Program Studi yang unggul berstandart Nasional dalam mengembangkan konsep dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

 

Misi Program Studi

Misi yang diemban Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia  Universitas Dr. Soetomo dalam proses penyelenggaraan pendidikan tinggi telah ditetapkan sebagai berikut:

Misi program studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia adalah sebagai berikut ;

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran melalui metode pembelajaran kreatif, inovatis, dan inverse dibidang bahasa dan sastra Indonesia berlandaskan rasa bertanggung jawab dan berjiwa kebangsaan.
  2. Menyelenggarakan pengajaran untuk menghasilkan tenaga pendidik yang professional dan berkualitas nasional dengan biaya terjangkau.
  3. Meningkatkan kualitas dan mengembangkan penelitian dibidang pendidikan, kebahasaan, dan kesusastraan di masyarakat dengan ;pengamatan teoritis dan empiris.
  4. Melakukan pengabdian pada masyarakat atas dasar hasil-hasil penelitian dan kajian dibidang pendidikan, kebahasaan, dan kesusastraan sesuai kebutuhan masyarakat.
  5. Melakukan tata kelola kelembagaan program studi yang efektifdan efesien untuk meningkatkan mutu prodi diantaranya melalui peningkatan kualitas perpustakaan dan menjajagan kerjasama dengan perguruan tinggi lain, baik sekala nasional maupun internasional.

            Visi dan Misi yang telah ditetapkan sebagaimana dikemukakan di atas memiliki saling keterkaitan,   hal   ini   diantaranya   tercermin   dari   adanya   upaya   Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia  Universitas Dr. Soetomo untuk   selalu memutakhirkan   bahan   ajar   serta   memperluas   wawasan mahasiswa dengan cara mendatangkan dosen tamu dan tenaga ahli untuk memberi   kuliah/ceramah.

Tujuan program studi

Tujuan Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia  Universitas Dr. Soetomo :

Tujuan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia  (S2) Universitas Dr. Soetomo dirancang agar dapat menghasilkan lulusan dengan kualifikasi sebagai berikut : 

  1. Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran melalui metode pembelajaran kreatif, inovatis, dan inverse dibidang bahasa dan sastra Indonesia berlandaskan rasa bertanggung jawab dan berjiwa kebangsaan
  2. Terselenggaranya pengajaran untuk menghasilkan tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas nasional dengan biaya terjangkau.
  3. Terselenggaranya penelitian di masyarakat melalui pengamatan teoritis dan empiris untuk mengembangkan disiplin ilmu dibidang pendidikan, kebahasaan, dan kesusastraan.
  4. Terselenggaranya pengabdian pada masyarakat atas dasar hasil-hasil penelitian dan kajian dibidang pendidikan, kebahasaan, dan kesusastraan sesuai kebutuhan masyarakat pada umumnya dan dunia pendidikan pada khususnya.
  5. Terselenggaranya tata kelola kelembagaan program studi yang efektif dan efesien untuk meningkatkan mutu prodi diantaranya melalui peningkatan kualitas perpustakaan dan menjajagan kerjasama dengan perguruan tinggi lain, baik sekala nasional maupun internasional