Profil Prodi Pendidikan Matematika

Profil Prodi

Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Dr. Soetomo Surabaya didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0395/O/1986 tanggal 23 Mei 1986 dan mulai menerima mahasiswa tahun akademik 1986/1987. Pada tahun 1998, Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unitomo terakreditasi dengan nilai B berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal No. 01952/Ak-II.l/UDFCDM/XII/1998 tanggal 22 Desember 1998 daperbaharui dengan nilai yang sama pada tahun 2004 dengan Surat Keputusan Direktorat Jenderal No. 016/BAN-PT/Ak-VII/Sl/V/2004. Pada tahun 2009 Program studi Pendidikan Matematika memperbaharuinya kembali dengan Surat Keputusan Direktorat Jenderal No. 002/BAN-PT/Ak-XII/Sl/IV/2009.

Visi 

Pada tahun 2020 menjadi Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Dr. Soetomo yang unggul, berstandar nasional di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Misi 

  1. Menyelenggarakan pendidikan Matematika yang berkualitas dan terjangkau untuk semua lapisan  masyarakat.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan IPTEKS dan peningkatan kualitas  pendidikan dan pengajaran matematika.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas  pendidikan dan pemberdayaan masyarakat.
  4. Meningkatkankan kualitas manajemen dan pengembangan prodi pendidikan matematika dalam mewujudkan tata kelola yang lebih baik.

Tujuan 

  1. Terselenggaranya pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran yang menghasilkan tenaga kependidikan di bidang matematika yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa, kreatif, dan bermoral, berintegritas tinggi, dan mempunyai rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan bangsa.
  2. Terselenggaranya pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran yang menghasilkan pendidik bidang matematika yang profesional dan mampu bersaing di tingkat regional dan nasional.
  3. Terlaksananya penelitian dan pengembangan bidang matematika untuk mengembangkan disiplin ilmu dan teknologi bidang matematika pada khususnya dan pendidikan pada umumnya.
  4. Terselenggaranya pengabdian pada masyarakat atas dasar hasil-hasil penelitian dan kajian bidang matematika sesuai kebutuhan masyarakat pendidikan dan masyarakat umum.
  5. Terselenggaranya tata kelola kelembagaan program studi yang efektif dan efisien untuk menunjang mutu prodi.