Profil Prodi PBS

Profil Prodi

Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Dr. Soetomo Surabaya didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 37/KPTS/YPROGRAM STUDITA/VIII/1981 tanggal 23 November 1981 dan mulai menerima mahasiswa tahun akademik 1982/1983. Pada tahun 2000, Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unitomo berhasil mencapai status terakreditasi dengan nilai A berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal No. 023/BAN-PT/Ak-IV/IX/2000 tanggal 14 September 2000. Sedangkan pada tahun 2006 nilai akreditasi Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia terkoreksi menjadi B dengan Surat Keputusan Direktorat Jenderal No. 026/BAN-PT/Ak/IX/S1/2006.

Prodi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia membekali lulusannya dengan kemampuan yang luas seperti kemampuan programing komputer, kemampuan editorial, jurnalistik, dan kehumasan. Tujuannya adalah, agar lulusan kependidikan dari Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra tidak hanya unggul dalam mengembangkan teknologi pembelajaran bahasa, tetapi mereka juga mampu mengembangkan ketrampilan siswa yang terkat dengan kebahasaan, seperti kemampuan jurnalistik dan editorial. Dalam manajemen sekolah, mereka juga mampu mengembangkan Brand image sekolah.

 1.1.Visi Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Melalui mekanisme penetapan sebagaimana dikemukakan, Visi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra FKIP Universitas Dr. Soetomo adalah : “Pada tahun 2020 Program Studi Pendidikan dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Dr. Soetomo yang unggul berstandar nasional di bidang Tridharma Perguruan Tinggi“.

1.2. Misi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Misi Program Studi Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia FKIP Universitas Dr. Soetomo, yaitu:

  1. Menyelenggarakan pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berkualitas dan terjangkau untuk semua lapisan masyarakat.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan IPTEKS dan peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pemberdayaan masyarakat.
  4. Meningkatkan kualitas manajemen dan pengembangan prodi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dalam mewujudkan tatakelola yang jauh lebih baik.

1.3.Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia FKIP Universitas Dr. Soetomo, yaitu:

  1. Terselenggaranya pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran yang menghasilkan tenaga kependidikan di bidang Bahasa dan Sastra Indonesia  yang berkarakter mandiri, modern, dan beretika.
  2. Terselenggaranya pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran yang menghasilkan pendidik bidang Bahasa dan Sastra Indonesia yang profesional dan mampu bersaing di tingkat regional dan nasional.
  3. Terlaksananya penelitian dan pengembangan bidang bahasa Indonesia  untuk mengembangkan disiplin ilmu dan teknologi bidang Bahasa dan Sastra Indonesia  pada khususnya dan pendidikan pada umumnya.
  4. Terlaksananya pengabdian pada masyarakat atas dasar hasil-hasil penelitian dan kajian bidang Bahasa dan Sastra Indonesia sesuai kebutuhan masyarakat pendidikan dan masyarakat umum
  5. Terselenggaranya tata kelola kelembagaan program studi yang efektif dan efisien untuk menunjang mutu prodi.

1.4. Sasaran Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Sasaran dari penyelenggaraan pendidikan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra FKIP Universitas Dr. Soetomo adalah:

  1. Adanya lulusan yang mampu menjadi guru bahasa dan sastra Indonesia yang profesional, mampu bekerja sama dalam tim, dan mempunyai basic karakter dan sikap mental modern dan beretika.
  2. Terwujudnya kemampuan civitas akademika yang mandiri (independent), memiliki otonomi (autonomus), dan mampu mengarahkan dirinya (self-directed) untuk mengkaji, meneliti, menganalisis dan memecahkan masalah-masalah di bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  3. Terwujudnya kerjasama dengan masyarakat dan pemerintah untuk bersama-sama mampu memecahkan masalah-masalah di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.