Pedoman-pedoman

Salah satu persoalan krusial di Indonesia adalah Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). MSDM disebut sebagai salah satu persoalan krusial mengingat persoalan-persoalan yang berkaitan dengan hal ini tidak pernah tuntas. Sorotan terhadap kinerja SDM aparatur yang rendah, hampir tidak pernah berhenti. Sesuai standar Penjaminan Mutu Internal maka Progran Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Menyusun Beberapa pedoman untuk peningkatan mutu. pedoman tersebut adalah:

A.  Analisis Jabatan dan Program Peningkatan Kompetensi Manajerial Prodi

Tentu banyak hal yang menyebabkan kondisi tersebut terjadi. Salah satu hal mendasar yang perlu mendapat sorotan adalah kemampuan lembaga dalam memprediksi kebutuhan pegawai. Kebutuhan pegawai dalam konteks ini tentu tidak hanya berkaitan dengan kuantitas, akan tetapi juga kualitas SDM yang diperlukan. Dalam hal ini, seharusnya analisis jabatan memainkan peranan yang penting. Pengadaan pegawai yang tidak didasari oleh analisis yang tepat, akan selalu menimbulkan persoalan yang sama. Oleh karena itulah, artikel singkat ini, akan mencoba untuk mengetengahkan konsep analisis jabatan. (pedoman lengkap Analisis Jabatan Download di Sini)

B. Pedoman Penelitian

Perguruan Tinggi (PT) tanpa penelitian dan pengabdian kepada masyarakat akan menjadi “gersang”, sehingga eksistensinya dilupakan masyarakat. Ilmu pengetahuan terdiri dari hasil pemikiran dan penelitian yang memberikan kontribusi dalam upaya memperbaiki kehidupan manusia. Oleh sebab itu, program studi sebagai bagian dari lembaga perguruan tinggi  sudah seharusnya mempunyai kewajiban untuk menyumbang teori-teori baru yang dapat ditransfer kepada masyarakat, pemerintah daerah maupun dunia pendidikan sebagai tujuan utama LPTK. Suatu prodi bukan hanya terkenal dengan jumlah mahasiswanya yang banyak dan bukan juga dari tingginya jenjang pendidikan dosen, tetapi juga idealnya lebih dikenal karena hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat dimanfaatkan dalam tataran lokal,nasional maupun internasional.

Program penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat dikembangkan untuk menampung kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia FKIP Universitas Dr. Soetomo dalam bentuk penelitian dan pendidikan masyarakat utamanya masyarakat pendidikan baik negeri maupun swasta. Slain itu penelitian dan pengabdian masyarakat juga pada masyarakat luas yang juga terkait dengan pendidikan.

Penelitian dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia FKIP Universitas Dr. Soetomo diutamakan penelitian yang korelatif dengan ilmu kebahasaan, kesastraan, dan penerapan kedua hal tersebut dalam pendidikan.  Hasil penelitian tersebut juga diharapkan  dapat mengembangkan materi, metode, evaluasi, dan pengembangan media pembelajaran dalam perkuliahan maupun pengembangan materi, metode, evaluasi, dan pengembangan media di lembaga pendidikan menengah dan atas. (Download buku pedoman Penelitian)

C. Pedoman Perkuliahan

Pedoman perkuliahan Program Studi Pendidika Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Dr. Soetomo dibuat untuk menjadi acuaan perlaksanaan perkuliahan dan transaksi akademik mahasiswa. Pedoman ini juga memberikan acuan kepada para dosen dan mahasiswa dalam mengembangkan metode atau model perkuliahan, pengembangan media, dan sistem evaluasi. (download buku pedoman perkuliahan)

D. Strategis Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Untuk mencapai visi dan misi Program Studi Pendidika Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Dr. Soetomo, maka disusun rencana strategis prodi dalam jangkan 5 tahun. Renstra tersebut menajadi acuan program kerja dalam rangkan pencapaian visi misi prodi. (download Renstra)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name
Email
Website