Kurikulum

Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra FKIP Universitas Dr. Soetomo telah disesuaikan dengan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi. Kurikulum diupayakan agar mampu memenuhi tuntutan dan kebutuhan pengguna. Kurikulumdisusun berdasarkan tiga bidang minat yang ditawarkan oleh program studi, yakni:Bidang kebahasaan, Bidang kesastraan, Bidang pendidikan dan muatan jurnalisitik.Kurikulum disusun dengan total beban SKS berkisar 147-150 SKS dan membagistruktur matakuliah menjadi dua kelompok besar yakni, matakuliah wajib sebesar 138SKS dan matakuliah pilihan sebesar 28 SKS. Matakuliah wajib disusun denganmempertimbangkan tiga hal: 1. SK Menteri Pendidikan nasional No: 232/U/2000; 2. SK Menteri Pendidikan nasional No: 045/U/2002.

A. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

Era globalisasi mengakibatkan persaingan yang sangat ketat di segala bidang kehidupan termasuk bidang pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan suatu strategi dalam mempersiapkan lulusan yang mampu bersaing di dalam dunia usaha dan atau lapangan pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya, mampu mengimplementasikan ilmunya serta mampu mengembangkan diri untuk menjawab tantangan yang baru.Dalam mempersiapkan lulusan yang mampu menghadapi persaingan global diperlukan persyaratan kerja yang tidak hanya menekankan pada penguasaan hard skills(kemampuan teknis dan akademis) akan tetapi juga penguasaan soft skills (kemampuan memahami, menganalisis, menganalogi, dan menafsirkan), sehingga diperlukan perubahan pola pikir yang dapat menghasilkan mutu lulusan sebagaimana yang diharapkan oleh pasar.Demikian pula dalam standar mutu kompetensi lulusan yang ditetapkan oleh Universitas Dr.Soetomo Surabaya meliputi garis besar batasan Standar Kompetensi Lulusan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP), serta mengadopsi standar capaian dari Quality Assurance Agency for Higher Education (2004) yang menetapkan bahwa suatu program studi harus memiliki standar capaian (standard achievement) kompetensi lulusan yang dihasilkan. Standar capaian kompetensi diwujudkan dalam bentuk kinerja lulusan yang diklasifikasikan menjadi tiga tingkat yaitu:

  1. Treshold performance,yaitu kinerja kompetensi minimal yang harus dimiliki lulusan untuk mendapatkan gelar jenjang pendidikan tertentu.
  2. Typical performance, yaitu kinerja kompetensi di atas minimal yang harus dimiliki lulusan untuk mendapatkan gelar jenjang pendidikan tertentu.
  3. Excellent performance, yaitu kinerja kompetensi lulusan yang jauh di atas kompetensi dan keterampilan yang ditetapkan.

Oleh karena itu, agar mutu lulusan di Prodi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia (PBS) FKIP Universitas Dr. Soetomo Surabayadapat terus ditingkatkan, diperlukan suatu standar kompetensi lulusan beserta standar turunannya yang mengacu pada PP Nomor 19 tahun 2005, Praktik Baik dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (Dikti 2008), Statuta Universitas Dr. Soetomo 2010/2011–2013/2014, Renstra Universitas Dr. Soetomo

2010/2011-2013/2014, Kebijakan SPMI Prodi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia (PBS) FKIP Universitas Dr. Soetomo Surabaya Tahun Akademik 2010/2011-2016/2017, serta untuk memenuhi kebutuhan pemangku kepentinganyang meliputi: 1) Standar Kompetensi lulusan Pedagogik; 2)Standar Kompetensi lulusan Profesional; 3)Standar Kompetensi lulusan mata Kuliah; 4) Standar Kompetensi lulusan Kelompok Mata Kuliah; 5) Standar Kompetensi lulusan Program Studi (Buku Standard Kompetensi Lulusan Prodi PBS Download disini).

B. STRUKTUR KURIKULUM

Agar lulusan Prodi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia (PBS) FKIP Universitas Dr. Soetomo Surabaya mampu menghadapi persaingan global dan memenuhi persyaratan kerja yang menguasai baik hard skills maupun soft skills, maka program studi harus secara konsisten berupaya memenuhi isi Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan dan menjadikan standar ini sebagai tolok ukur bagi program studi dalam menghasilkan lulusan Secara garis besar, Standar Kompetensi Lulusan Prodi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia (PBS) FKIP Universitas Dr. Soetomo Surabaya Tahun akademik 2012/2013-2016/2017  diturunkan dalam struktur kurikulum (Download struktur Kurikulum).

C. MATA KULIAH